Breaking News
recent

Sido Muncul Gandeng Pelajar Tanam Mangrove

MASUK AIR: Karena abrasi di PPP Morodemak parah, untuk menanam mangrove harus mencebur ke laut
DEMAK-Dari tema bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan, PT Jamu Sido Muncul gandeng pelajar dan pemerintah menanam puluhan ribuan mangrove di areal abrasi. Selain penanaman mangrove secara massal, kesepahaman untuk sanggup melestarikan lingkungan dari abrasi di tandatangani bersama antara PT Jamu Sido Muncul, kepala daerah, TNI-AL, Polri, Dinas Kelautan Perikanan, dan mahasiswa, Minggu (15/4) di kawasan PPP (Pelabuhan Perikanan Pantai) Morodemak Bonang.

Sedikitnya 20.000 bibit mangrove ditanam di sebelah utara break water PPP Morodemak yang diprediksi mengalami abrasi terparah. Lebih dari sepuluh ribu pelajar SMP, MTs, SMA, SMK, dan MA turut dalam penanaman, mereka langsung mencebur ke laut untuk menanam bibit mangrove.

Sementara ikon produk Kuku Bima Energi, Dony Kusuma ikut hadir. Dia sangat menyemangati pelajar menanaman puluhan ribu bibit mangrove selama sehari. "Ini bagus ya bagi pelajar, memberi pelajaran bahwa lingkungan butuh perlindungan," kata Doni saat menyampaikan bibit mangrove kepada Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo yang diwakilkan Kepala Dinas Kelautan Perikanan Jateng HM Husni.

Senior Manager Humas PT Jamu Sido Muncul, Hj Nani R Sumarso mengatakan, sengaja pihaknya menggelar penghijauan di daerah pantai selain mengurangi abrasi dan global warming sekaligus memberi manfaat pada ekosistem laut yang menjadi siklus hidup ikan di laut. "Sehingga bisa menambah kesejaheraan nelayan," ugkapnya saat jumpa pers.

HM Husni menambahkan penghijauan di kawasan pantai sangat penting demi ekosistem ikan dan kelestarian alam dari abrasi, upaya ini merupakan kegiatan dari rakyat untuk rakyat. "Upaya ini suatu kegiatan yang mulia bagi alam, selain sumber ikan bisa bertambah, seluruh pelajar bisa mengambil hikmah lebih memperhatikan kondisi alam untuk kelestarian alam," ungkapnya.

Kepala Dindikpora H Afhan Noor mewakili Wakil Bupati Demak H Dachirin Said, menyambut baik upaya bersama dalam pelestarian alam. Semua pelajar yang turut menanam bisa langsung mengetahui kondisi alam yang butuh perhatian.

Diberitakan, banyak pelajar sangat bersemangat mengikuti penanam mangrove. Mereka rela berbasah-basah ria turun ke air, mencebur dan menanam bibit mangrove di lahan kosong yang sudah dipenuhi air laut.

Ketua PC PMII Demak Afif Syifaudin mewakili mahasiswa dan pelajar, sangat mendukung kegiatan ini. Selain penanaman mangrove, PMII juga menggelar bakti sosial lain, hal ini dilakukan sebagai bentuk peringatan Hari Jadi PMII ke-52 tahun. (swi/16)


tonitok

tonitok

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di kolom komentar yang telah tersedia!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga Warga Demak makin maju dan sukses selalu. amin.

Powered by Blogger.