Breaking News
recent

Belum Ada Solusi Jitu Atasi Abrasi

DEMAK-Abrasi dan rob di Kecamatan Sayung sudah terjadi puluhan tahun. Namun pemerintah belum bisa memberi solusi jitu.

Abrasi telah menelan daratan sekurangnya sepanjang 1,7 km. Sekitar 72 rumah terisolir sejak 1999. Kemudian tahun 2005 pemerintah harus bedol 236 rumah warga Dukuh Senik Desa Bedono Sayung untuk direlokasi ke Desa Sidogemah dan Desa Gemulak.

“Pantai sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup masyarakat,” kata Plt Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Demak, Harwanto ketika membacakan sambutan Wabup Demak H Dachirin Said dalam Gerakan Nasional Bersih-bersih Pantai dan Laut yang digelar Kementrian Kelautan dan Perikanan di lokasi wisata Morodemak Desa Bedono Sayung.

Harwanto menambahkan, garis pantai Demak sekitar 70,14 km dengan panjang pantai 35,1 km mencakup 30 desa. Tersebar di Kecamatan Sayung, Karangtengah, Bonang dan Wedung. Sumberdaya perairan Demak cukup tinggi, yaitu 9.223.721 ton ikan tangkap per tahun, ikan olahan 21.490 ton, dan garam 62.240 ton per tahun.

Pemkab Demak menempatkan kelautan dan perikanan menjadi sebagai utama pembangunan di Demak, selain sektor pertanian, UMKM, dan pariwisata.

Dalam gerakan itu, Direktur Pesisir dan Laut Kementrian Kelautan dan Perikanan, Eko Rudianto mengharap kesadaran masyarakat menjaga kebersihan pantai agar bemanfaat bagi kelangsungan hidup ekosistem.
“Sebagian besar kerusakan alam akibat manusia. Kami berharap gerakan ini mampu memberikan kesadaran arti pentingnya kebersihan pantai bagi warga sekitar,” ungkapnya.

Ditanya sudah adakah konsep jitu untuk penanganan abrasi dan rob, Eko Rudianto menilai perlu perlakuan beda di setiap pantai. Ini karena karakteristik pantai berbeda-beda.

“Alat pemecah ombak (APO) setiap pantai juga berbeda. Demak menggunakan APO berjenis sabuk pantai namun belum berhasil. Masih ada yang belum menimbulkan sedimen di pantai," ungkapnya.

Gerakan nasional bersih pantai dan laut, Kamis pagi diikuti oleh 300 pelajar SMPN 1 Sayung, SMKN 1 Sayung dan SMK Kelautan Demak. Turut juga anggota Koramil Sayung serta POS-AL Morodemak Bonang. (swi/16)

BERSIH PANTAI: Warga dan pelajar  bergotog royong membersihkan pantai di Sayung
tonitok

tonitok

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di kolom komentar yang telah tersedia!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga Warga Demak makin maju dan sukses selalu. amin.

Powered by Blogger.