Breaking News
recent

Haul Sultan Fatah Dirayakan 8 Hari

 
DEMAK-Haul ke-509 Sultan Fatah akan dilaksanakan selama delapan hari. Takmir Masjid Agung Demak (MAD) sebagai penyelenggara akan menggelar berbagai kegiatan budaya islami.

DALAM jumpa pers, Ketua Umum Tamir KH M Asiq menjelaskan, rangkaian kegiatan haul agung Kanjeng Sultan Raden Abdul Fattah Al-Akbar Sayyidin Panotogomo akan diadakan dari Sabtu 28 April-Sabtu 12 Mei.

Acara yang diadakan di antaranya khotmil Qur'an, khitanan massal, pawai panjang jimat, tahtimul Qur'an murotal bittaghoni (mengaji dengan dilagukan), mudarosah Al-Qur'an bil hifdzi, tahtimul Qur'an, pawai taaruf dan pengajian umum Khaul Agung yang selanjutnya ditutup pembacaan manaqib (sejarah) Syeh Abdul Qodir Jaelani serta maulidurrosul.

“Rencananya khitanan massal gratis ini akan diikuti 125 anak. Namun jika yang ndaftar banyak, panitia tetap bersedia menampung,” kata Asiq didampingi pengurus takmir lainnya, kemarin di Kantor Takmir kompleks MAD.

Asiq menambahkan, rangkaian kegiatan khaul Sultan Fattah akan dihadiri Habib Lutfi bin Yahya. Habib Syeh bin Abdul Khodir (akan memimpin maulidurrusul), serta KH Harir Muhammad, dan KH Achmad Calwani.

Bagi Ta'mir MAD, haul Sultan Fatah sudah menjadi milik warga Demak sehingga Takmir tidak ingin mengubah tanggal haul tahunan ini. Tetap 13 Jummadil Akhir 1433 Hijriah atau 4 Mei 2012, yang menjadi puncak acara pengajian umum haul Sultan Fatah.

Asiq menyinggung ajaran haul (peringatan tahunan) untuk menghormati jasa Raja Sultan Fatah yang menguatkan penyebaran Islam di Jawa. Menghormati dan mendoakan yang sudah tiada adalah upaya mengingat akhirat dan kematian sehingga hati bisa menjadi lunak. “Seperti kita yang hidup dinasihati orang mati, masih lupa ajaran agama berarti percuma hidup,” ungkapnya. (swi/16)
tonitok

tonitok

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di kolom komentar yang telah tersedia!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga Warga Demak makin maju dan sukses selalu. amin.

Powered by Blogger.