Breaking News
recent

Musim Kemarau, Waktunya Kerja Keras

Joko Suryanto

DEMAK-Wilayah Demak yang panas dan kering sangat rentan kebakaran. Apalagi di musim kemarau seperti ini. Kebakaran kerap terjadi, mayoritas menimpa rumah dari kayu. Hubungan arus pendek (konsleting) masih menjadi ‘kambing hitam’.

“Memang, kebanyakan bermula dari hubungan pendek arus listrik. Namun, api mudah membesar karena rumah korban kebanyakan dari kayu,” kata Kepala UPTD Pemadam Kebakaran DPUPPE Demak, Joko Suryanto, kemarin.

Sebagai petugas pemadam kebakaran, pihaknya bertugas mencegah, memadamkan, dan memberikan perlindungan jiwa harta benda. Dia berharap masyarakat lebih berhati-hati menggunakan peralatan listrik atau barang yang mudah memicu kebakaran.

Dari data UPTD Kebakaran, selama lima tahun terakhir telah terjadi puluhan kebakaran yang menelan kerugian materi hingga miliaran rupiah. Meliputi tahun 2008 terjadi 29 peristiwa, 19 kejadian tahun 2009, tahun 2010 ada 11, tahun 2011 ada 28 kejadian, dan tahun 2012 sampai akhir Juni sudah terjadi 11 kebakaran.

Mayoritas kebakaran terjadi di enam kecamatan. Meliputi Kecamatan Bonang, Wonosalam, Demak Kota, Mijen, Karangawen, dan Mranggen. Kebanyakan api cepat menjalar ke pemukiman karena cuaca yang panas dan di lokasi kejadian sulit air.

Joko  Suryanto mengakui tingginya rasa gotong royong masyarakat. Warga bisa digerakkan hanya melalui alat komunikasi tradisional berupa kenthongan. Warga juga bisa mengamankan lokasi dari kerumunan orang dan kendaraan yang menghambat kinerja petugas pemadam.

Joko Suryanto meminta masyarakat, bila terjadi kebakaran segera telepon di pesawat (0291) 682113 dengan menyebut nama pelapor, nomor telepon yang dipakai, alamat kebakaran, dan jenis yang terbakar. Jumlah armada PMK Demak hanya 3 unit, ditambah satu truk tanki di Demak Kota dan 1 unit di Karangawen. “Kami tak akan pulang sebelum api padam,” tegasnya. (swi/16)
tonitok

tonitok

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di kolom komentar yang telah tersedia!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga Warga Demak makin maju dan sukses selalu. amin.

Powered by Blogger.