Breaking News
recent

Tak Punya WC, Siswa Buang Hajat di Sungai

RUSAK PARAH: Kondisi bangunan MA Miftahul Huda di Desa Brakas Kecamatan Dempet rusak pada bagian atap. HARSEM/HARI SANTOSO-JBSM 
DEMAK-Di tengah melimpahnya anggaran pendidikan, masih saja ada sekolah yang tidak kopen. Salah satunya Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Miftahul Huda, di Desa Brakas Kecamatan Dempet. Lantaran tak punya WC, siswa terpaksa harus ke kali saat buang hajat.

MENURUT Kepala MTs Agus Taufikurahman, kondisi sekolahnya sangat memperihatinkan. Jangankan fasilitas pendidikan, sekolah bahkan tak memiliki fasilitas kamar mandi atau WC.

“Bila ada siswa yang ingin buang hajat, terpaksa lari ke sungai depan sekolah,” katanya, kemarin.
Sekolah juga membutuhkan laboratorium dan alat penunjang peraga pendidikan. Minimnya dana yang dimiliki menjadikan sekolah tak bisa mengusahakan fasilitas tersebut. 

Meski siswanya belajar dalam keterbatasan, prestasinya tidak pernah jeblok. Tingkat kelulusan rata-rata 100 persen. “'Sekolah kami berada di wilayah pinggiran jauh dari ibu kota kabupaten. Kami berharap bantuan pemerintah.”

Kepala MA Suranto menambahkan, bangunan sekolah dalam kondisi rusak. Sekolahnya juga tidak memiliki kamar mandi. Dia berharap perhatian dari Kementrian Agama (Kemenag) Demak berupa perbaikan sarana dan prasarana. “'Bantuan bisa menambah kualitas kegiatan belajar mengajar di tempat ini,” katanya.

Salah satu siswa MA, Nurul (16), menginginkan  bangunan sekolahnya diperbaiki. “Apabila gedungnya bagus tentu suasana belajar di kelas lebih nyaman.”

Diungkapkan, tembok bangunan retak dan mengelupas. Kemudian atap kelas jebol lantaran lama tak pernah diperbaiki. Bahkan, ketika kemarau debu beterbangan mengganggu kenyamanan belajar.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Demak HM Niam Ansori mengaku prihatin terhadap kondisi MA dan MTs Miftahul Huda. Dia meminta pihak sekolah mengirimkan data disertai foto tentang kerusakan bangunan sekolah. Sekolah itu seharusnya mendapat prioritas bantuan. “Silakan mengajukan permohonan bantuan mulai sekarang. Mudah-mudahan bisa diprioritaskan untuk menerima anggaran di 2013,” jelasnya. Menurut catatan, MTS ini sudah meloloskan banyak guru sertifikasi dengan jumlah siswa mencapai ratusan. (H41-JBSM/16)


tonitok

tonitok

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di kolom komentar yang telah tersedia!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga Warga Demak makin maju dan sukses selalu. amin.

Powered by Blogger.