Breaking News
recent

Digerogoti Kanker Ginjal, Perut Rehan Melembung

HARSEM/SUKMA WIJAYA
TUMOR GANAS: Rehan Akbar Laskia (5) warga Desa Solowire RT 4 RW 1 Kebonagung menderita tumor ganas yang mengakibatkan perutnya melembung.

DEMAK- Di usinya yang masih balita, Rehan Akbar Laskia (5) warga Desa Solowire RT 4 RW 1 Kecamatan Kebonagung harus menanggung derita berkepanjangan. Sudah dua tahun kanker ginjal menggerogoti tubuhnya.

Putra sulung pasangan Rozikin (30 ) dan Alifa (29)  itu kondisinya  kurus kering dengan perut terus membesar. Bocah itu tak henti-hentinnya menangis, menanggung beban penderitaan yang memilukan.
“Menurut diagnosa dokter , anak saya  menderita tumor  ginjal. Bahkan tahun 2010 lalu pernah dioperasi termasuk  satu ginjalnya diangkat untuk mencegah penyakitnya menyebar,” kisah Rozikin kepada wartawan kemarin. 

Namun upaya tim dokter mengupayakan kesembuhan belum memuaskan. Padahal  mereka sudah berhasil mengangkat tumor seberat  dua kilogram yang bersarang di ginjal. Enam bulan berselang tumor bahkan tumbuh lebih mengganas.

Tumor itu juga membuat perutnya menggelembung. Rehan pun hanya bisa duduk telentang tanpa mampu beraktivitas normal. Sesekali ketika lelah menangis, bocah tak berdaya itu tertidur dalam rintihan.
Menurut ibundanya, Alifa, lantaran tak mampu bergerak banyak. Disediakan ember atau panci ketika putranya itu berkehendak buang hajat. Kondisi itu berlangsung berbulan-bulan lantaran Rehan tak mampu beraktivitas normal.

Dua Tahun
Dia menambahkan penyakit anaknya diketahui ketika bocah berperawakan kuning itu menginjak usia dua tahun. Semenjak didiagnosa menderita keganasan orangtuanya jungkir balik mencari biaya pengobatan. Puncaknya, ketika harus dioperasi di Semarang. Tak terbilang biaya yang sudah dikeluarkan karena sebelum dioperasi Rehan harus menjalani rawat inap hampir enam bulan.

Keluarga sederhana itu mengaku butuh uluran tangan dermawan. Sebab semenjak tumor menjangkiti tubuh putra tercintanya, biaya puluhan juta sudah dihabiskan. Bahkan Rozikin kini sudah tak lagi bekerja karena tak sanggup melihat istrinya sendirian mengurus Rehan dirawat di RS dan di rumah. Dia sekaligus berharap uluran tangan Pemkab Demak supaya buah hatinya tersembuhkan.

Humas Dinas Kesehatan Kabupaten Demak H Sukarjo mengaku sangat prihatin dengan kondisi Rehan yang menderita tumor ganas. Namun tak cukup hanya berpangku tangan, pihaknya sekaligus akan membantu kesulitan keluarga Rozikin mencari jalan bagi kesembuhan buah hatinya.

Menurutnya Pemkab Demak akan membantu mengurus kartu Jamkesmas atau Jamkesda seandainya orangtua Rehan belum memiliki kartu berobat gratis itu. Kartu juga bermanfaat untuk penanganan kedaruratan bagi pasien balita itu. (harsem/swi/16)
tonitok

tonitok

2 comments:

  1. No. Kontaknya berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini nomer ibunya raihan : 081326354950 (namanya: mbak Alif)

      Delete

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di kolom komentar yang telah tersedia!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga Warga Demak makin maju dan sukses selalu. amin.

Powered by Blogger.