Breaking News
recent

Jumlah DPT Pileg 2014 Terus Berubah

Machmud Suwandi (harsem/sukmawijaya)
KPU Selalu Update Data

Demak-Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan legislatif (pileg) tahun 2014 selalu berubah, bisa bertambah atau berkurang. Untuk itu KPU selalu mengupdate data DPT di setiap desa.

Menurut Ketua KPU Demak H Machmud Suwandi perubahan data DPT akibat rentang waktu pelaksanaan Pileg 2014 yang cukup panjang,  saat ini ada penambahan maupun pengurangan jumlah hak pilih di setiap desa.

“Untuk itu kami selalu mengupdate data DPT setiap desa melalui Petugas Pemungutan Suara (PPS),” ungkapnya. Dalam tahapan ini pihaknya masih melakukan perbaikan dan pemeliharaan DPT.

Seperti temuan ratusan nama menyimpang pada DPT yang disampaikan Panwaslu, sudah ditindak lanjuti, dengan cara memverikasi ulang daftar lama disandingkan dengan daftar baru. Ternyata nama-nama yang menyimpang merupakan nama hasil laporan dari PPL (petugas pengawas lapangan) Panwaslu sebelumnya, namun belum ditindaklanjut.

Hanya saja, KPU masih kesulitan menindaklanjuti laporan dari Panwaslu yang tidak menyebut nama pada DPT, sehingga KPU menugaskan seluruh PPS menelusuri nama-nama itu satu persatu.

Pemeliharaan DPT ini akan dilakukan oleh KPU sampai bulan April 2014, kendati mendekati hari H, ketika pemilih berhalangan tetap atau meninggal, KPU segera mencoret nama pemilih dari daftar.

Dari data terakhir DPT terdapat jumlah hak pilih untuk Pileg 2014 mencapai 835.146 suara, dengan pemilih lelaki 415.854 suara, dan pemilih perempuan 419.292 suara, serta jumlah TPS mencapai 2.191.

Data DPT Pileg lebih sedikit dari jumlah DPT pada Pilgub 2013 yang meliputi hak pilih 839.022 suara, dengan pemilih lelaki 417.600 suara dan perempuan 421.422, jumlah TPS 1.773 unit.

Hanya jumlah TPS pada Pileg 2014 lebih banyak, karena TPS Pileg dibatasi hanya 450 suara per-TPS, berbeda dengan Pilgup mencapai 600 suara per-TPS. (swi/hst)

Toni Tok

Toni Tok

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di kolom komentar yang telah tersedia!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga Warga Demak makin maju dan sukses selalu. amin.

Powered by Blogger.