Breaking News
recent

Kuliah Perdana Unisfat, Gelar Pameran Teknologi

Robot parkir mobil otomatis dengan menggunakan e-KTP buatan mahasiswa Teknik Elektro Usifat. (harsem/sukmawijaya)

Kajari Demak Zairida (kiri) bersama Rektor Unisfat Suemy menengok produk kerajinan batik. (harsem/sukmawijaya)

Miniatur bangunan buatan mahasiswa Tehnik Sipil Unisfat.(harsem/sukmawijaya)









Demak-Kuliah perdana yang dilakukan Universitas Sultan Fatah (Unisfat) Demak diisi dengan pameran teknologi produk dari mahasiswa. Belasan stand pameran menunjukan kemampuan mahasiswa dalam membuat inovasi.
  
Dalam rangka kuliah pertama Unisfat menggelar pameran teknologi di kompleks kantor DPRD Demak, meliputi pembuatan robot untuk parkir mobil otomatis menggunakan identitas e-KTP (RFID Robottic Parkir System) yang diprakarsai oleh mahasiswa dan dosen Teknik Elektro Unisfat.
  
Untuk program studi (Prodi) Teknik Mesin memamerkan pembuatan full injection diagnosis dan menyelenggarakan servis mesin gratis. Di stand Teknik Sipil Unisfat, membuat teknologi bangunan system pra cetak dan memanfaatkan limbah elpiji untuk menjadi batu bata. Stand prodi Teknik Arsitektur Unisfat memamerkan design Masjid Agung Demak dan rumah sehat.
 
“Kami dari Teknik Informatika dan Sistem Komputer Unisfat memamerkan pembuatan jaringan komputer, melalui jaringan wifi,” jelas mahasiswa Unisfat, Jihad, Rabu (2/10). Pembuatan wifi yang terpenting ada server dan pemancarnya, keberadaan server inilah yang mendorong kecepatan akses pada wifi.
  
Sedangkan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial mensosialisasikan pusat kajian otonomi daerah, konsultasi pembuatan jurnal ilmiah dan lainnya. Untuk Fakultas agama Islam dipamerkan teknis membaca tajwit cepat serta teknik membaca Alqur’an  dengan alat digital pen.
  
Dalam pameran teknologi hadir Kajari Demak Zairida, dan Danunit Lettu Inf Ibnu Liturahma. Acara sekaligus kuliah umum mahasiswa baru dengan narasumber Wagub yang diwakilkan Asisten IV Bidang Administrasi Setda Prop Jateng Eddy Djoko Pramono. Dalam ceramahnya Djoko mengupas aspek pembangunan dan peran mahasiswa.

Sementara ceramah yang dilakukan Kapolres Demak diwakilkan pada Kanit PPA Polres Demak Iptu Nyi Ayu FP. Selaku pengurus yayasan Sultan Fatah, Harwanto juga memberikan ceramah.

Dalam sambutannya, Rektor Unisfat Suemy mengatakan, pihaknya menempatkan kuliah umum dan pemeran teknologi pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila, sekaligus ingin membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme mahasiswa serta para dosen yang semakin luntur.

“Kami ingin membangkitkan semangat juang dan inspirasi para dosen serta mahasiswa, sehingga meningkatkan semangat berkarya,” kata Suemy. Sesuai dengan rencana Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang akan menggandeng perguruan tinggi untuk menyelesaikan masalah di Jateng.

Gubernur juga berjanji akan mempertemukan pembuat dan pengguna teknologi untuk memajukan Jateng. Sehingga dosen dan mahasiswa harus bermental juara, karena kebijakan masa kini berbasis penelitian berharap lulusan perguruan tinggi harus pintar dan berhati nurani.

Berkait dengan penelitian, 11 proposal penelitian dosen Unisfat pada tahun 2013 telah disetujui ditingkat Jateng. (swi/hst) 

Toni Tok

Toni Tok

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di kolom komentar yang telah tersedia!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga Warga Demak makin maju dan sukses selalu. amin.

Powered by Blogger.