Breaking News
recent

Turun, Hasil Perbaikan DPT Pileg 2014

Ketua KPU Demak H Machmud Suwandi menyerahkan hasil penetapan DPT Perbaikan Pileg 2014 kepada Sekretaris II DPC PPP Demak H Abdul Chamid Almahdi (harsem/sukmawijaya)

Demak-    Hasil perbaikan DPT pileg (pemilu legislatif) tahun 2014 mengalami penurunan dari jumlah DPT yang ditetapkan sebelumnya pada 12 September 2013.

Menurut Ketua KPU Demak H Machmud Suwandi, setelah penetapan DPT pihaknya terus melakukan perbaikan dan perawatan DPT. Dari jumlah 2.191 TPS (tempat pemungutan suara) yang ada, terdapat 835.146 hak pilih dengan jumlah pemilih laki-laki 415.854, dan perempuan 419.292 suara.

Setelah dilakukan perbaikan dan perawatan diketahui jumlah DPT mencapai 834.492 hak pilih, dengan pemilik lelaki 415.583 dan perempuan 418.909. Kendati jumlah TPS-nya sama ternyata hak pilih mengalami penurunan sampai 654 suara.

“Penurunan DPT ini, akibat munculnya laporan pemilih yang sudah meninggal dunia, dan pindah keluar kota,” katanya saat menjelaskan dalam Penetapan Rekapitulasi Perbaikan DPT pileg 2014 di RM H Ismun jalan lingkar Demak, Sabtu (12/10).

Kemarin, setelah melakukan perbaikan DPT, KPU mengundang seluruh pengurus parpol peserta Pemilu 2014, Panwaslu, serta pengurus PPK, untuk menetapkan DPT perbaikan tersebut. 

Sementara, Devisi Pemutahiran Data Pemilih KPU Demak, Ngaijan menambahkan, hasil perbaikan ini tak ada korelasi dengan pendataan dari e-KTP, data ditemukan karena petugasnya telah melakukan coklit (pencocokan dan penelitian) ke bawa.

Dan penurunan jumlah hak pilih terjadi secara merata di semua kecamatan, sehingga jumlah TPS masih tetap.
“Setelah penetapan DPT ini tahapan sudah selesai, tinggal menunggu pemeliharaan,” jelas Ngaijan, bila terdapat pemilih yang meninggal, KPU segera mencoret dan memberi keterangan. Pencoretan hak pilih, tidak mengurangi jumlah DPT karena sudah ada keterangannya.

Tambahnya, tidak ada TPS khusus, hanya di LP (lembaga permasyarakatan) dibangunkan TPS sendiri. Sedangkan untuk pasien rumah sakit dan panti jumpo, akan dilayani oleh TPS terdekat.

Untuk jumlah DPT terbanyak masih tedapat pada Desa Batursari Kecamatan Mranggen, yaitu 21.713 hak pilih dengan 68 TPS. Dan DPT terendah di Desa Boyolali Kecamatan Gajah hanya 3 TPS dengan jumlah pemilih 986 hak pilih. (swi)

Toni Tok

Toni Tok

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di kolom komentar yang telah tersedia!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga Warga Demak makin maju dan sukses selalu. amin.

Powered by Blogger.