Breaking News
recent

Bupati Intruksikan Utamakan Kelestarian Belimbing

Aksi penanaman 10.000 Pepaya California di Desa Lempuyang Kecamatan wonosalam. (HARSEM/SUKMAWIJAYA)


Demak-Bupati Demak HM Dachirin Said mengintruksikan, upaya pelestarian buah Belimbing Demak, dengan melakukan penanaman di setiap halaman rumah milik warga.

“Icon Demak sudah terkenal dengan figur buah Belimbing, sejarah Islam di Demak pun dihubungan dengan Belimbing, saya berharap ada upaya pelestarian Belimbing,” tegas bupati, baru-baru ini.

Tak mau berwacana, bupati berharap setiap halaman rumah minimal ditanami satu pohon Belimbing. Sehingga Belimbing Demak tidak punah, pelestarian ini sekaligus dilakukan oleh dinas terkait.

Seperti dalam pencanangan Wonosalam Sehat dan Sejahtera dengan penanaman 10.000 bibit pohon Pepaya California di Desa Lempuyang Kecamatan Wonosalam beberapa waktu lalu, bupati berharap upaya pelestarian Belimbing juga demikian gigih.

Sekretaris Dinas Pertanian Demak, Hari Adi Soesilo menyampaikan dukungan itu, pada tahun ini pihaknya juga membantu penanaman seribu batang pohon Belimbing. Bantuan itu akan dilakukan secara bertahap dimulai di Desa Lempuyang, selanjutnya tahun 2014 akan ditanam dilokasi lain.

“Selain Belimbing sekaligus akan dikembangkan Pisang Raja Merah yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi, karena nilai jualnya bagus, tak mudah terkena fluktuatif harga,” jelasnya didampingi Penyuluh Pertanian Kecamatan Wonosalam, Sugiyono, kemarin.

Diakui oleh Hari, Kebun Benih Pertanian yang berada di Kelurahan Betokan Kecamatan Demak masih memiliki sekitar 2.000 batang pohon Belimbing, rencananya upaya pembibitan akan dikembangkan lebih banyak lagi.

Kawal

Terpisah, Kodim 0716 Demak menyatakan siap membantu upaya pelestarian Belimbing “Kami akan bantu penanaman tersebut, sebagai komando satuan kewilayahan, kami akan membantu Pemda, salah satunya untuk ketahanan pangan di wilayah,” jelas Kasdim 0716 Demak Mayor Inf Muh Darojat didampingi Danramil Wonosalam Kapt Inf Eko Juhartono.

Dalam penanaman 10.000 Pepaya California di Desa Lempuyang, pihaknya tak mau ketinggalan ikut membantu upaya itu. Lanjutnya, bila tingkat perekonomian masyarakat meningkat, keamanan dapat tercipta secara kondusif, masyarakat bisa hidup aman dan sejahtera. (swi)

Toni Tok

Toni Tok

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di kolom komentar yang telah tersedia!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga Warga Demak makin maju dan sukses selalu. amin.

Powered by Blogger.