Breaking News
recent

Bupati Minta Banser Ikut Amankan Gereja

Bupati Demak HM Dachirin Said mengecek kesiapan kendaraan polisi yang akan mengamankan keramaian Natal dan Tahun Baru 2014. (HARSEM/SUKMAWIJAYA)


Demak-Antisipasi pengamanan malam Natal dan Tahun Baru 2014, Bupati Demak HM Dachirin Said meminta Banser atau ormas Islam lain, ikut menjaga keamanan tempat ibadah atau Gereja.

Beberapa kekuatan ormas Islam, seperti Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser) atau lainnya, diminta ikut menjaga keamanan malam Natal dan Tahun Baru. Dan menempatkan personelnya di Gereja-greja untuk pengamanan.

“Alhamdulillah, seperti Banser selalu rutin ikut menjaga keamanan dan kenyamanan umat beragama, secara lesan saya berharap mereka lebih giat ikut menjaga keamanan,” pinta bupati setelah memimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Candi 2013 di lapangan Setda kompleks Pendopo Kabupaten Demak, Senin (23/12).

Dalam apel pasukan ini, diikuti personel Kodim 0716 Demak, berbagai kesatuan Polres Demak, Dinhubkominfo, Linmas, Satpol PP, Pemadam Kebakaran dan PMI. Mereka diminta kesiapannya terjun ke tengah-tengah masyarakat, sebagai pelindung, pengayom dan melayani masyarakat.

Untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2014, Kapolres Demak R Setijo Nugroho HHP telah menyiapkan 259 personil Polres untuk pengamanan 43 gereja, sekaligus menempatkan satu Pos Pelayanan di alun-alun Demak, serta 3 Pos Keamanan untuk 7 Gereja Besar di Demak.

“Terkait obyek vital lain, kami sudah menyediakan 3 pleton cadangan personel Polres, mereka akan ditugaskan bila muncul situasi konflikgensi, bencana atau aksi terorisme,” jelasnya.

Terpisah, Komandan Satkorcab Banser Kabupaten Demak Mustain, menyatakan ratusan personel Banser siap ikut mengamankan lokasi Gereja. Selama ini, katanya, setiap tahun Banser selalu ikut serta mengamankan umat kristiani dalam menjalankan ibadah Hari Raya Natal.

“Ikut menjaga gereja, memberikan rasa aman umat Kristiani, ketika menjalankan ibadah, hal ini adalah bentuk pluralisme antar umat yang sering diajarkan oleh Gus Dur,” tegasnya. Tanpa diminta pun, Banser selalu siap ikut menjaga keamanan wilayah. (swi)

Toni Tok

Toni Tok

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di kolom komentar yang telah tersedia!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga Warga Demak makin maju dan sukses selalu. amin.

Powered by Blogger.