Breaking News
recent

Pentingkah Asuransi itu?

PERBEDAAN MENABUNG di ASURANSI dan MENABUNG di BANK
Sebagian masyarakat mungkin masih ada yang beranggapan jika menabung di bank itu sebagai salah satu bentuk investasi keuangan, begitu juga dengan asuransi. Jika membaca beberapa literatur, kita akan mengetahui menabung dan berasuransi itu berbeda dengan berinvestasi.

Pengertian investasi itu adalah sejumlah pengorbanan ekonomi yang kita lakukan sekarang untuk memperoleh imbal hasil lebih di masa mendatang.

TABUNGAN DI BANK
Sesuai dengan fungsinya, Bank hanya berperan sebagai media penyimpanan uang tersebut (titip). Jika dahulu orang menyimpan uang di bawah kasur, maka dengan adanya bank akan menghindarkan masyarakat dari risiko tindak pencurian dan uangnya rusak dimakan rayap, dsb. Memang, menabung di bank ada bunganya, namun jika dibandingkan dengan tingkat penurunan nilai mata uang (inflasi tahunan) dan biaya administrasi bulanan, maka bunga bank bisa jadi tidak akan menguntungkan penabung, malah sering terjadi nilai bunga bank lebih kecil dari inflasi yang menyebabkan daya beli uang kita jadi lebih sedikit. Bunga bank sebenarnya hanya sebuah strategi atau metode pemasaran pemilik bank yang dirancang untuk memancing, membujuk, merayu, dan menarik calon nasabah (disebut sbg gimmick marketing). Dan sesuai dgn sifatnya, simpanan uang di bank digunakan utk keperluan jangka pendek saja.

MENABUNG DI ASURANSI
Asuransi pada dasarnya adalah PERENCANAAN KEUANGAN terhadap resiko yg BISA TERJADI kapan saja dimana saja. Resiko tsb adalah resiko orang hidup, seperti sakit kritis, cacat krn kecelakaan, atau bahkan meninggal dunia. Resiko tersebut berakibat terjadinya biaya rumah sakit dsb. Nah asuransi lah yg bisa membiayainya JAUH LEBIH BESAR daripada uang yg sudah kita bayarkan tiap bulan. Jadi asuransi bisa didefinisikan sebagai pengorbanan menyisihkan uang sekarang untuk mengalihkan risiko keuangan yg tdk terduga di masa mendatang (besok, besok lusa, minggu depan, bulan depan, tahun depan, bbrp tahun ke depan, puluhan tahun ke depan)

Asuransi dibeli karena kita tidak tahu resiko apa yg akan terjadi di kita di kemudian hari ........resiko tersebut berimbas pada keuangan kita.

Selain itu, menabung jangka panjang di asuransi juga bisa digunakan untuk keperluan keuangan lainnya seperti :
- Pembiayaan sekolah anak-anak,
- Persiapan Dana Pensiun
- Kebutuhan Biaya Menikah dsb
- Perencanaan Dana Darurat
- Dan sebagainya

Jadi, jelaslah bahwa Asuransi adalah Suatu perencanaan keuangan untuk kebutuhan terduga dan tidak terduga yg suka-tidak-suka, mau-tidak-mau, akan dijalani dan dilalui oleh hampir setiap keluarga.
Oleh sebab itu, pilihlah konsultan / agen yg memang mempunyai kualifikasi dan bisa anda percayai untuk membantu proses administratif tsb. Re-Post From Gunawan Wibisana
Shobi Bosay

Shobi Bosay

1 comment:

  1. PT. Asuransi Simas Net (Simasnet) mendapat Izin Usaha dari Otoritas Jasa Keuangan pada tanggal 21 Oktober 2014. Simasnet didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan jasa asuransi yang dapat di akses secara online baik dengan website dan aplikasi di smartphone. Simasnet merupakan anak perusahaan dari PT. Asuransi Sinar Mas.

    Web : http://asuransisimasnet.com/
    Fb : Asuransi Simasnet Official
    Twitter : as_simasnet

    ReplyDelete

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di kolom komentar yang telah tersedia!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga Warga Demak makin maju dan sukses selalu. amin.

Powered by Blogger.