Breaking News
recent

Bupati Dachirin Inginkan "Demak Serambi Madinah"


DEMAK – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo secara khusus datang melayat almarhum Bupati Demak HM Dachirin Said, Minggu (14/2) kemarin. Ganjar sempat menyalatkan almarhum di Pendopo Kabupaten Demak, Jalan Kiai Singkil, didampingi Wagub Heru Sujatmoko.

Gubernur Ganjar mengungkapkan, pihaknya turut berduka cita atas wafatnya Bupati Dachirin Said tersebut. Bupati Dachirin sebagai umara (bupati), lanjut Ganjar, dinilai dapat bekerja sama dengan baik.
”Beliau sangat terbuka dalam bertukar pikiran dengan kita. Relasi seperti ini sangat baik untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Saya melihat, spirit aktivisme untuk memimpin Demak selama ini terus menyala-nyala,” ujar Ganjar dalam sambutannya usai salat jenazah Bupati Dachirin Said. 

Dia menambahkan, selaku gubernur dirinya mengamati betul bagaimana Bupati Dachirin Said perhatian terhadap kondisi sosial keagamaan, pendidikan dan bidang lainnya. Bahkan, semua dituntaskan hingga akhir hayatnya.

”Karena itu, saya hormat beliau setinggi-tingginya. Sudah banyak yang dikerjakan dan diselesaikan dalam menjalankan tugasnya selama ini. Saya mohon yang masih hidup ini untuk melanjutkan tugasnya dengan kerja keras, cerdas dan istiqamah. Sebab, pada saatnya kita juga menuju ke sana (kematian, Red),” ujar Ganjar yang mengenakan jas dan peci hitam tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Demak, KH Muhammad Asyiq menyampaikan, Bupati HM Dachirin Said dinilai telah menelurkan banyak gagasan. Misalnya, gagasan tentang perlunya Demak dijadikan sebagai Serambi Madinah sebagaimana Aceh menjadi Serambi Makkah. Bahkan, dalam setiap sambutan di berbagai kegiatan selalu menyebut Demak sebagai Kota Wali.

”Tak hanya itu. Bantuan langsung tunai (BLT) yang biasanya dibagi di kantor pos, maka beliau ini punya inisiantif menyalurkan BLT di masjid dengan diawali salat Duha dulu. Karena itu, kita doakan semoga kebaikan-kebaikan beliau diterima di sisi Allah SWT. Kita sebutkan kebaikannya dan kita kubur segala kekurangannya,” ujar KH Asyiq.

Putra pertama Bupati Dachirin Said, Dlyaa Ul Haq mengatakan, selaku anak dan keluarga pihaknya memintakan maaf atas segala khilaf yang pernah dilakukan orang tuanya tersebut, utamanya selama memimpin Kota Wali.

”Kami minta maaf atas segala khilaf dan dosa bapak saya selama mengabdi sebagai Bupati Demak ini,” katanya.

Sebelumnya, Sekda Pemkab Demak dr Singgih Setyono MMR berkenan membacakan riwayat hidup Bupati Dachirin Said mulai awal hingga menjadi Bupati Demak. Disebutkan, Bupati Dachirin Said selama masih menjadi mahasiswa aktif di berbagai organisasi. Ia pernah menjabat sebagai Sekretaris IPPNU, Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jogjakarta, Sekretaris PCNU Demak dan Wakil Ketua PCNU Demak. Ia juga pernah menjadi pengurus MUI Demak dan Takmir Masjid Agung Demak. 

Kabag Humas Pemkab Demak Daryanto menambahkan, sebelum yang bersangkutan wafat pada Sabtu (13/2) pukul 13.40 lalu di RS Telogorejo, sempat melambaikan tangannya agar para tamu yang menjenguk masuk ke ruangan ICU tempat yang bersangkutan dirawat. ”Beliau sempat menulis di kertas yang isinya agar kita diminta masuk ke ruangan,” katanya.

Sementara itu, rangkaian pemakaman Bupati Dachirin Said kemarin berlangsung lancar. Setelah disalatkan di Pendopo Kabupaten oleh Gubernur Ganjar dan para kiai yang dipimpin KH Zaenal Arifin Ma’shum, Pengasuh Ponpes Fatkhul Huda Sidorejo Sayung, jenazah langsung dipikul untuk dibawa ke serambi Masjid Agung Demak. Di masjid karya para wali tersebut, jenazah bupati kembali disalatkan. Banyak warga yang turut menyalatkan. Tak lama kemudian, jasad Bupati Dachirin Said dimakamkan di belakang Masjid Agung areal makam para Raja Demak. Posisinya bersebelahan dengan makam almarhum Bupati Tafta Zani. (hib/aro/ce1/Radar Semarang)

Toni Tok

Toni Tok

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di kolom komentar yang telah tersedia!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga Warga Demak makin maju dan sukses selalu. amin.

Powered by Blogger.