Breaking News
recent

Jelang TMMD, Dandim Demak Ziarah Ke Makam Kasultanan Bintoro


DEMAK –Jelang pelaksanaan TMMD Reguler ke- 96 2016, Komandan Kodim 0716/Demak, Letkol Inf. Nanang T.T Wibisono S.A.P menyempatkan diri datang ke Masjid Agung Demak. 

Hal itu dilakukan untuk memanjatkan doa, agar dalam menjalankan tugas sehari- hari diberi kelancaran dan keberhasilan. Terutama saat ini Kodim 0716/Demak punya gawe menggelar  TMMD REG -96 tahun 2016, dengan desa sasaran Desa Trengguli, Kecamatan Wonosalam. 

Saat datang di Masjid Agung Demak,  orang nomor satu dijajaran Kodim Demak itu mengunjungi makam Kesultanan Bintoro Demak, di mana di area itu terdapat makam Sultan Demak yang pertama, Raden Patah. Raden Patah berkuasa dari 1478 hingga 1518. Ada juga makam Raden Patiunus yang berkuasa tahun 1518 hingga 1521. Raden Trenggono berkuasa dari 1521 hingga 1546, dan juga makam Putri Campa ibunda Raden Patah.

“Saya tidak ada maksud dan tujuan lain dalam ziarah ini.  Dsini sangat jelas, makna kita berdoa dengan keikhlasan, bahwa ketika kita beribadah semata-mata untuk Allah, bukan karena berharap mendapatkan imbalan Surga. Bukan pula karena takut ancaman Neraka. ‘’Keridhaan dari Allah SWT  lah yang lebih pantas menjadi harapan kita, karena kita memang diciptakan untuk beribadah kepada-Nya,”Jelas Dandim Nanang saat berada di depan pintu masuk masjid Selasa malam (26/04)

Dandim menambahkan,saat Kodim 0716/Demak punya hajat,maka  dari itu dia berdoa supaya dalam pelaksanaannya nantinya kegiatan TMMD berjalan  aman,lancar dan di beri keberhasilan. ‘’Selain itu sebagai bentuk penghargaan dari jajaran  Kodim 0716/Demak kepada pendiri kota Demak, tentunya saya harus mendoakan kepada beliau yang telah memperjuangkan agama Islam dan keberadan kabupaten yang mendapat julukan Kota Wali tersebut,”tambah Nanang.

Usai  tahlil, Dandim bertemu takmir masjid Agung Demak, H.Muslih dan juru kunci makam Kesultanan Bintoro Demak, H.Faqih. Dandim bersilaturahmi kepada kedua pengurus yayasan takmir masjid agung Demak tersebut dan memohon doa restunya.

Sebagaimana diketahui,  Masjid Agung Demak dikenal dengan gelombang peziarah yang akan melakukan ritual doa dan zikir untuk Sultan Demak. Tidak setiap saat mereka akan datang, waktu-waktu yang ramai dipadati oleh peziarah adalah bulan Muharam, Bulan Haji dan Bulan Suro. Tanggal 12 Rabbiul Awal, hari kelahiran nabi, 27 Rajab atau Isra Miraj.

Ziarah kubur ke makam Sultan Demak dan keluarganya itu dilakukan untuk berdoa dan berzikir, yang dalam bahasa Jawa sering disebut dengan “ngalap berkah” atau memohon berkat. Doa ditujukan kepada Tuhan supaya diberikan berkah, rezeki, kesehatan, ketenangan dan di beri keberhasilan dalam melaksanakan tugas.(Pendim 0716/Demak)

Toni Tok

Toni Tok

1 comment:

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di kolom komentar yang telah tersedia!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga Warga Demak makin maju dan sukses selalu. amin.

Powered by Blogger.