Breaking News
recent

Kasdim berpesan:Lindungi alam ini dengan Menanam Mangrove


DEMAK-Bencana air pasang (rob) dan abrasi yang melanda beberapa desa di wilayah Kecamatan Sayung hingga kini terus merembet ke daerah sekitarnya, termasuk ke Desa Sidogemah. Bahkan, air rob juga sudah mulai merangsek masuk ke kawasan perkampungan Sayung yang berada di desa tersebut. Untuk mencegah air rob agar tidak meluas, Kodim 0716/Demak melalui Koramil 11/ Sayung turut menggalakkan penanaman mangrove. Bahkan, Kodim Demak ini telah menjadi percontohan dalam mengembangkan hutan bakau di kawasan tersebut.

Komandan Kodim 0716/Demak melalui Kasdim 0716/Demak Mayor Inf Dede Sudrajat mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Demak menanam sedikitnya 2 ribu batang mangrove. Mangrove tersebut difokuskan ditanam di belakang perkampunmgan desa Sidogemah yang kini dikelilingi areal pertambakan.

“Suatu kebanggaan bagi kami. Sebab, Kodim 0716/Demak menjadi percontohan penanaman hutan bakau untuk menjaga kelestarian alam. Selain itu, menjadi satu-satunya Instansi di Demak yang menjadi mitra program Sekolah Pantai Indonesia (SPI). Salah satu programnya adalah penanaman mangrove ini,”katanya.

Dede menambahkan,” mari kita peduli dengan lingkungan dengan menanam mangrove dapat bermanfaat bagi manusia selain mencegah erosi dan abrasi bahkan dengan menanam mangrove mencegah perembesan air laut sampai di daratan sehingga lahan dapat digunakan kembali tanaman padi. Dahulu bahwa desa sidogemah potensi/dapat ditanam tanaman padi padi an namun karena perubahan lingkungan dan terjadi perembesan air laut ke daratan sehingga lahan menjadi air payau yang menyebabkan padi tidak tumbuh. Nah dengan menanam mangrove akan mencegah perembesan air laut sehingga dapat mengembalikan lahan sawah yang sudah hilang,’tambah Kasdim

Kabid Kelautan DKP Demak, Suharto menambahkan, Kodim 0716/Demak telah bersinergi untuk turut menanggulangi bencana rob dan abrasi di wilayah Sayung. Karena itu, para TNI setempat di-training dan diajari bagaimana melestarikan lingkungan, termasuk dalam melakukan konservasi laut bersama warga pesisir..

Menurutnya, air asin yang sewaktu-waktu naik ke permukaan itu juga sudah menerjang Desa Sidogemah dan Gemulak yang juga berdekatan dengan Desa Tugu. Selain Kodim ada Instansi lainnya dan relawan yang ada di kabupaten Demak seta siswa sekolah lain yang ikut terlibat menjadi relawan.(Pendim 0716/Demak)

Toni Tok

Toni Tok

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di kolom komentar yang telah tersedia!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga Warga Demak makin maju dan sukses selalu. amin.

Powered by Blogger.