Breaking News
recent

Penyuluhan Penanganan Banjir Juga Dilakukan di Arena TMMD


DEMAK – Banyak hal yang dilakukan Kodim 0716/Demak, dalam program non fisik, TMMD Reguler ke-96 di Desa Trengguli, kecamatan Wonosalam. Satu diantaranya adalah tentang penyuluhan menata   manajemen penanggulangaan bencana bagi masyarakat. 

Diacara itu, menghadirkan pembicara Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Demak, Mahfud. Dikemkakan,  bicara bencana, berbagai macam bencana seperti kebakaran, banjir, angin puting beliung, gempa, wabah penyakit dan sebagainya, untuk itu kepada peserta sosialisasi untuk terus waspada dan selalu mengingatkan kepada masyarakat. "Mencegah timbulnya bencana tersebut yang sering terjadi di Demak merupakan tujuan dari sosialisasi bencana ini," katanya di Aula Balai Desa Trengguli, Wonosalam Demak , Jum’at (20/05).

Hampir seluruh wilayah Demak di kepung oleh sungai, selain itu permukaan sungai juga semakin menyempit serta banyak ditanami pohon pisang serta kangkung oleh warga. Akibatnya, air sungai kerap meluap ke permukiman warga dan persawahan.

Banjir yang terjadi setiap hujan deras tersebut memaksa BPBD Demak merapatkan barisan. Penyuluhan  yang berlangsung di Balai Desa Trengguli ini khusus membahas banjir yang kerap melanda beberapa desa di wilayah Demak terutama bagian selatan dalam kurun waktu 4 tahun terakhir ini.

Dalam kesempatan itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBDKabupatenDemak, Mahfud menegaskan, jika normalisasi Sungai di demak tidak segera dilakukan, maka ke depan desa-desa sekitar sungai akan tenggelam. Sebab, sudah 4 tahun ini banjir selalu melanda desa-desa tersebut.

“Karena itu, harus secepatnya ditangani. Harus ada penanganan secara komprehensif dari hulu hingga hilir. Cari sebabnya dan segera diatasi sesuai dengan perencanaan yang matang,” ungkap Mahfud.

Dia menambahkan, Pemkab Demak hanya mengusulkan dana dari Bantuan Gubernur (Bangub) senilai Rp 44 miliar. Padahal, biasanya bangub tersebut bisa mencapai hingga Rp 180 miliar.(Pendim 0716/Demak)


Toni Tok

Toni Tok

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di kolom komentar yang telah tersedia!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga Warga Demak makin maju dan sukses selalu. amin.

Powered by Blogger.