Breaking News
recent

Prajurit Satgas TMMD Ajar Anak PAUD


DEMAK -- Apa yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 03/Wonosalam Kopka Sukamto prajurit Kodim 0716/Demak yang tergabung dalam satgas TMMD REG 96 tahun 2016 patut diacungi jempol. Selain menjaga ketahanan negara dari serangan musuh, mereka juga ikut memperhatikan pendidikan anak di Desa Trengguli, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak, Jateng.

Di sela waktu senggangnya, beberapa parjurit satgas TMMD REG 96  menjadi guru sukarelawan bagi siswa PAUD Terpadu Siwi Lestari. Sekolah persiapan masuk Sekolah Dasar ini di beri sedikit ilmu dasar berbaris sedikit permainan sehingga anak menjadi terhibur.

Komandan Koramil 03/Wonosalam, Kapten Inf  Rustiyanto mengatakan, awal pendidikan PAUD bermula ketika melihat kondisi anak-anak di PAUD Terpadu Siwi Lestari yang kekurangan tenaga pengajar.

“Metode pembelajaran anak PAUD sebagai Metode Pembelajaran PAUD yang Efektif dan Menyenangkan. Semua orang bisa mengajar namun belum tentu bisa mengajar TK atau PAUD. Mengajar PAUD berarti mengajar anak yang sedang ada di masa usia keemasannya (golden age). Sebuah masa dimana potensi anak sedang berkembang dan saat yang tepat untuk membuatnya menjadi seorang pembelajar yang mandiri dan haus pengetahuan,”Kata Kapten Inf Rustiyanto.

"Hingga saat ini, sudah mencapai jumlah 30 anak didik yang ikut bergabung di PAUD Terpadu Siwi Lestari, kebanyakan anak-anak usia dini yang bergabung adalah dari masyarakat sekitar desa Trengguli," kata Danramil 03/Wonosalam yang sekaligus sebagai komandan lapangan giat TMMD, Selasa (10/05).

Bermain Adalah Pembelajaran yang Efektif di PAUD


Bagi anak, bermain merupakan suatu kegiatan yang sifatnya melekat langsung pada kodrat dan kebutuhan perkembangan anak. Anak usia dini lebih banyak belajar dari pengalaman berinteraksi dengan obyek-obyek konkrit dan orang sekitarnya-teman, guru, orang tua, daripada melalui simbol-simbol tertulis (baca tulis hitung).

Dalam bermain anak bisa melakukan aktivitas yang mempraktekkan kemampuan dan keterampilannya dalam kegiatan mencoba, meneliti dan menemukan hal-hal baru. Aktivitas-aktivitas yang dilakukan anak di saat bermain bisa membuat anak aktif dan interaktif, baik secara fisik maupun secara mental sehingga dapat mendukung pemberdayaan berbagai aspek perkembangan anak berdasarkan kenginan dan kemauannya sendiri.(Pendim 0716/Demak)
Toni Tok

Toni Tok

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di kolom komentar yang telah tersedia!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga Warga Demak makin maju dan sukses selalu. amin.

Powered by Blogger.