Breaking News
recent

Melalui TMMD, Kodim Demak Pelopori Penanganan Sampah


DEMAK –Ada pemandangan unik di lokasi sasaran TMMD REG 96 di Wilayah Kodim 0716/Demak, di Desa Trengguli, Kecamatan Wonosalam,  yaitu tempat rosok sampah. Untuk itu TNI Kodim demak mempelopori bagaimana   cara yang dilakukan agar sampah itu bisa tertangani dengan baik.

Selain membuat TPA ( Tempat Pembuangan Sampah) di beberapa tempat warga berinisiatif mendirikan BS ( Bank Sampah). Dari BS inilah sampah-sampah itu dipilah sesuai dengan klasifikasinya . Setelah itu bisa jadi uang sehingga menguntungkan.

Salah satu Bank Sampah di daerah Demak yang cukup dikenal adalah BSK ( Bank Sampah Kuncir ) desa Kuncir kecamatan Wonosalam. Pelopor Bank Sampah di Demak ini kini telah mempunyai puluhan Mitra BS yang tersebar di berbagai pelosok Demak.

Slamet Wartoyo pengelola BS Kuncir dalam lamannya menuliskan bahwa BSK merupakan bank sampah induk area kota  yang melayani area kecamatan Wonosalam – Mijen- Demak Kota . Di tempat tersebut diadakan penampungan dan pemilahan sampah. Sehingga setiap harinya di tempat ini tiada sepi dari tansaksi dari BS di tiga kecamatan itu.

Di jelaskan berbagai jenis sampah atau rosok tidak ada yang terbuang percuma semua ada nilainya sendiri-sendiri. Oleh karena itu agar lebih cepat penangannya dan jadi uang BS mitra bisa memilah-milah sendiri sampah dari warga masyarakat. Biasanya di masukkan dalam zak-zak sesuai dengan jenisnya.

Adapun  sampah plastic terbagi Plastik: Aqua Gelas , Botol Aqua . Ale-ale  jenis ember-emberan  warna. Plastik atau Atom Campuran . Sedangkan Besi terbagi  besi super kategori A, cirinya padetdan buntet. Sedangkan  type B orang jawa bilang “krecek” seperti  paku,kawat,besi-besi  tipis. Ada juga besi dari berbagai macam kaleng: bekas cat,roti,minyak/tiner,byagon,pylox.

Nah itulah salah satu cara untuk mengatasi sampah di pedesaan. Memang untuk mendirikan bank sampah di pedesaan cukup sulit butuh komitmen yang kuat. Namun jika ditekuni dengan baik BS ini akan mempunyai nilai tambah yang luar biasa. Selain bisa membuka lapangan pekerjaan juga bisa mengatasi sampah di berbagai sudut desa.(Pendim 0716/Demak)


Toni Tok

Toni Tok

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di kolom komentar yang telah tersedia!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga Warga Demak makin maju dan sukses selalu. amin.

Powered by Blogger.