Breaking News
recent

Satgas TMMD Kodim Demak Dorong Kerajinan Ukir Warga Trengguli


DEMAK -  Sejumlah Satgas TMMD Kodim Demak menyempatkan diri untuk mendorong salah satu potensi yang ada di desa Trengguli, Kec. Wonosalam, Demak, Jawa Tengah, yakni  h kerajinan tangan ukir kayu abstrak.

Hal itu dilakkan Satgas, menyusul  disaat mereka  ber TMMD  di Desa Trengguli melihat langsung proses ukiran dari desa tersebut dan berpotensi untuk didorong kemajuannya.

Sebetulnya  kerajinan kayu tersebut   bukanlah kerajinan asli desa Trengguli, yakni diadopsi dari ukiran ukiran daerah lain. Meski demikian  tetap memiliki ciri khas tersendiri yaitu pada teknik penyelesaiannya (finishing), sehingga layak untuk dirorong, terutama kemasan dan pemasarannya.

Kayu yang di pesan dari para petani kayu Jati di daerah kota Demak  kemudian kayu di proses supaya enak di pahat, yang kebanyakan berbentuk cerita pemandangan dan kaligrafi, seperti Ayat Kursi,manusia,macan, kuda, dan lain-lain. 

Setelah kayu proses kemudian dibentuk dengan pola  pola yang di inginkan proses pahat dan ukir, kayu dikeringkan dengan menggunakan mesin oven. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan kadar air yang ada di dalam kayu sehingga kayu tidak cepat melapuk. Setelah proses pengeringan masuk ke proses terakhir yaitu finishing.

Hanya saja, para perajin  masih banyak kesulitan yang dirasakan oleh para pemahat ini, seperti kurangnya perhatian dari pemerintah, kurangnya penyuluhan tentang pengembangan mutu dan yang terutama pengetahuan tentang teknik pemasaran. Teknik pemasaran yang dilakukan oleh para pengrajin ini masih mengandalkan orang lain yang membeli borongan pada mereka dengan harga yang murah, tergantung ukuran dan kerumitan ukir itu sendiri. (Pendim 0716/Demak)

Toni Tok

Toni Tok

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di kolom komentar yang telah tersedia!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga Warga Demak makin maju dan sukses selalu. amin.

Powered by Blogger.