Breaking News
recent

Dandim Demak Cek Pengubinan Padi di Mranggen


DEMAK – Dandim 0716/Demak Letkol Inf Nanang Wibisono,Kadispertan Demak Ir.Wibowo,Danramil 12 Mranggen Kapten Kav Karmadi dan Babinsa Koramil 12/Mranggen Kodim 0715/Demak Kopral Satu Ahmad Safi’i mengecek serta membantu kelompok tani Sumber Makmur melakukan pengubinan padi di Desa Banyumeneng kecamatan Mranggen  Kabupaten Demak, Rabu (13/07).

Kegiatan pengubinan dilakukan bersama petugas penyuluh lapangan desa Banyumeneng terhadap lahan kelompok Sumber Makmur yang diketuai oleh Muh Zaidun.

“Kesiapan kegiatan ini kita siapkan peralatan seperti sabit, alat pengukur padi, tali dan, timbangan, alat perontok padi, kantong plastik,” tutur Dandim 0716/Demak.

Setelah persiapan sarana prasana lengkap, selanjutnya dilaksanakan pengubinan. “Dengan Jumlah bulir dua ratus dengan tiga rumpun atau lubang tanam dengan jumlah anakan delapan belas dengan varietas umbang serai”,  lanjutnya.

“Pengubinan dilaksanakan di lahan milik bapak Suyono Gapoktan Sumber Makmur untuk mengetahui berapa hasil panen dengan jumlah lahan sawah yang ditanami padi Varietas Trisakti, dengan jumlah perumpun 20 ,dengan jumlah bulir 137 bulir dengan hasilnya sekitar  7,15 ton per hektar, “tukas Nanang.

Fungsi kegiatan pengubinan adalah para petani bisa mengetahui perkiraan potensi hasil dari tanaman padi mereka, hal ini bermanfaat agar petani tidak diperdaya oleh sistem jual ijon yang hanya memperkirakan harga perluasan lahan yang ada. (Pendim 0716/Demak)

Toni Tok

Toni Tok

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di kolom komentar yang telah tersedia!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga Warga Demak makin maju dan sukses selalu. amin.

Powered by Blogger.