Breaking News
recent

Personil Kodim 0716/Demak Melaksanakan Pengamanan Haji 2016


DEMAK – Kodim 0716/Demak melaksanakan Operasi (Ops) Pengamanan (Pam) Haji, mulai dari pemberangkatan hingga pemulangan di Masjid Agung Demak. Demikian diterangkan melalui Pasiops Kodim 0716/Demak, Kapten Kav Nasrullah Pasaribu, bahwa seluruh satuan siap dikerahkan dalam mendukung Ops Pam Haji 2016 1437 Hijriyah.

Ia menjelaskan misi Kodim 0716/Demak dalam Ops Pam tersebut agar situasi keberangkatan dan kepulangan Jemaah Haji yang berpusat di  Masjid Agung Demak yang di selenggarakan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Departemen Agama (Depag) Demak terkendali serta lancar dan tertib. Berdasarkan perencanaan, Ops Pam Haji berlangsung selama 2 hari, baik saat pengantaran maupun penjemputan.

“Kodim 0716/Demak telah mempersiapkan Ops Pam Haji yang berlangsung selama 2 hari, baik dalam proses pengantaran maupun penjemputan. Berdasarkan jadwalnya, untuk pengantaran CJH (Calon Jemaah Haji-red) dimulai pada Jumat (26/8) dan Sabtu (03/9). Sedangkan untuk jadwal penjemputan belum dipastikan menunggu koordinasi dari Depag,” jelasnya.

Dalam Pam tersebut, jajaran Kodim 0716/Demak diinstruksikan mengerahkan 1 pleton yang berisi 30 personil menjaga sesuai wilayah Binaannya. Namun jumlah itu tetap disesuaikan berdasarkan situasi dan kondisi yang terjadi. Satuan personil yang diturunkan pun seperti unsur Babinsa dan Prajurit Makodim .

Bagi personil Babinsa diperintahkan untuk menjaga ketertiban dan kelancaran dalam menjaga para pengantar haji pada jalur yang dipergunakan oleh perorangan maupun kendaraan rombongan Jemaah Haji. Untuk personil Makodim ditugaskan menjaga situasi keamanan agar kondusif. 

Rombongan Jemaah Haji beserta keluarga dan kerabat memadati kawasan Kompleks Masjid Agung Demak saat pengantaran dan penjemputan, begitu juga di area Alun Alun. Bila situasinya memungkinkan, Siaga Kodim 0716/Demak pun juga siap dikerahkan.

CJH asal Demak diberangkatkan ke Embarkasi Donohudan Boyolali  terdiri dari tiga Gelombang, untuk Gelombang Pertama kloter 44 sebanyak 355 CJH menggunakan Pesawat Garuda Indonesia. Untuk Gelombang Kedua Kloter 70 dan 71 sebanyak 459 CJH menumpang pesawat. Jadi total keseluruhan CJH Babel tahun ini berjumlah 814 jiwa. (Pendim 0716/Demak )

Toni Tok

Toni Tok

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di kolom komentar yang telah tersedia!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga Warga Demak makin maju dan sukses selalu. amin.

Powered by Blogger.