Breaking News
recent

Babinsa Koramil Guntur Dampingi Tim Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Demak


WARGADEMAK.COM - DEMAK - Pada hari Senin, tanggal 11 April 2017, bertempat di Kantor Desa Bakalrejo Kec.Guntur Kab.Demak Babinsa Desa Bakalrejo Sertu Suharto yang mewakili Danramil 10 Guntur beserta Muspika yang ikut serta mendampingi Tim Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten Demak Tahun 2017 yang dihadiri lebih kurang  250 orang.

Evaluasi Penilaian Hasil Perkembangan Desa dan kelurahan untuk tahun 2017 ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, karena penilaian tahun ini mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa Dan Kelurahan sebagai Pengganti Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perlombaan Desa dan Kelurahan, maka Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Demak, Provinsi Jawa tengah meyelenggarakan Perlombaan Desa tingkat Kabupaten Tahun 2017.

Desa Bakalrejo, menjadi wakil Kecamatan Guntur, dalam evaluasi perkembangan desa dan kelurahan tingkat kabupaten Demak tahun 2017 yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Demak.

Desa yang terletak di jalan raya Guntur Karangawen itu menyimpan potensi diantaranya kerajinan ukir batu milik sdr Kholi, pengasapan ikan, pembudayaan  ikan Bandeng di air tawar  di Dukuh Pulo Desa Bakalrejo.

Kegiatan evaluasi yang dipusatkan di Kantor Desa Bakalrejo, diawali dengan Marciben dari SDN 2 Guntur ,Tim Paskibra MA Anur Bakalrejo, Rebana Ds.Bakalrejo serta Tari Gomyong Desa Bakalrejo sebagai penyambutan tamu kehormatan tim evaluasi yang dipimpin oleh Kadinpermasdes Dra. Supriatiningsih  beserta tim penilai.

Kepala Desa Bakalrejo, Mungkarjo, menyampaikan bahwa potensi yang ada di Desa Bakalrejo semakin bergeliat dan terus berkembang, namun perlu perhatian dan dukungan semua pihak termasuk Pemerintah Kabupaten Demak.

“Pemerintah desa mendukung penuh potensi yang ada dan mendorong agar para pekakunya terus mengembangkan usahanya tersebut, ” kata Mungkarjo.

Adapun aspek penilaian dalam lomba Desa tingkat kabupaten Demak kali ini meliputi beberapa bidang diantaranya Bidang Pemerintahan, Bidang Kewilayahan, Bidang Kemasyarakatan serta Bidang Ekonomi.

Potensi Desa Bakalrejo seperti budidaya ikan Bandeng air tawar yang tidak semua desa bisa mengembangkannya. Selain pembibitan, juga ada pembesaran Bandeng. Potensi lainnya yakni budidaya kerajinan ukir batu  yang pemasarannya hingga luar kota. Desa Bakalrejo juga memiliki pengasapan ikan yang tergolong cukup sukses di kabupaten Demak.

Dari segi tata pemerintahan, Desa Bakalrejo juga terus melakukan pembenahan administrasi desa dan meningkatkan kinerja aparatur desa.

Evaluasi Penilaian Hasil Perkembangan Desa dan kelurahan yang dihadiri oleh Kadinpermasdes Kabupaten Demak selaku Ketua Tim Penilai Lomba Desa ini mengaku tujuan diadakan lomba ini untuk mendorong usaha pembangunan masyarakat desa dan Kelurahan atas dasar tekad dan kekuatan sendiri, untuk mengetahui kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh masyarakat di desa dan kelurahan selama krun waktu satu tahun dalam wujud peningkatan kwaliatas hidup ekonomi, politik, sosial budaya serta keamanan dan ketertiban serta untuk menetapkan desa/kelurahan yang berprestasi dalam pelaksanaan pemberdayaan masyarakat,”kata Supriatiningsih.

Dia menambahkan, evaluasi desa dimaksudkan untuk mengevaluasi pembangunan di Desa Bakalrejo, serta keterkaitan penyerapan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) serta percepatan akselerasi pembangunan sehingga memajukan masyarakat desanya.

”Pembangunan bukan hanya fisik namun juga mental yang telah dilaksanakan oleh desa,” terang Supriatiningsih.

“Tim akan menilai se obyektif mungkin. Aspek penilaian meliputi bidang pemerintahan, kewilayahan dan pemberdayaan masyarakat, ” jelasnya. (Pendim 0716/Demak)


Toni Tok

Toni Tok

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di kolom komentar yang telah tersedia!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga Warga Demak makin maju dan sukses selalu. amin.

Powered by Blogger.